Monday, December 25, 2017

Tulisan Alay dan "Password" Super Sulit Dijebol

Dalam penggunaan media sosial, sering kita lihat atau baca tulisan alay yang kebanyakan ditulis oleh para remaja sebagai bahasa yang menurut mereka gaul. Alay berasal dari singkatan "anak lebay" untuk menunjukkan sebuah sifat yang berlebihan. Hingga dalam penulisan sebuah kata. 

Menurut berita techinasia, pada 2014, setidaknya 30 juta pengakses internet secara reguler adalah remaja. Sehingga tak jarang frekuensi penulisan alay di internet banyak sekali kita temui, meskipun bisa jadi tulisan alay juga dipakai oleh orang dewasa. Beberapa pihak mengkhawatirkan bahwa penulisan alay bisa membuat seseorang melupakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Namun, dalam penggunaan dalam jejaring sosial tentulah tidak diharuskan menggunakan bahasa secara baku. Malah, jika digunakan akan terkesan kaku, aneh dan lucu. Prinsipnya adalah sama dengan cara berkomunikasi pergaulan sehari-hari yang sifatnya informal, yakni si penerima memahami apa yang disampaikan. Oleh karena itulah, orang cenderung untuk memakai bahasa gaul yang kadangkala berasa alay.


Dalam penulisan bahasa gaul, orang boleh menyingkat kata, baik itu bahasa Indonesia maupun Inggris, menambah angka, kode, tanda dan unsur visual yang lainnya. Contohnya adalah :
"otw ke kantor" atau on the way ke kantor
"aq gpp" atau aku tidak apa-apa
"r4h@s!a" atau rahasia, dan masih banyak lagi.

Menariknya, bahasa alay bisa digunakan untuk membuat password super yang sulit untuk dijebol. Dalam menggunakan suatu media, misalkan : facebook, gmail dan lain sebagainya, biasanya kita diwajibkan untuk membuat akun. Untuk membuat akun, tentu saja kita harus memiliki password untuk bisa membuka akun yang kita buat sehingga bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh media internet. Namun, begitu banyaknya media online yang mengharuskan untuk membuat akun, maka akan begitu banyak password yang harus kita buat. 

Setiap akun yang kita buat, bisa jadi berisi data-data yang sifatnya pribadi yang kita tidak ingin orang lain mengetahuinya. Maka dari itu, pembuatan password yang unik namun mudah untuk diingat dan berbeda untuk tiap akun menjadi sesuatu perlu untuk kita pertimbangkan.

Password yang bagus bisa jadi terdiri lebih dari 10 digit, merupakan kombinasi acak dari angka, huruf, tanda baca dan huruf besar. Password dibawah 10 digit biasanya lebih mudah dilacak atau dipecahkan. Hal terpenting lagi adalah password tersebut tidak mudah untuk diingat dan usahakan berbeda antara satu situs dengan situs lainnya. Sehingga apabila, akun pada satu situs kita dibajak, maka kekhawatiran bahwa akun kita disitus yang lain juga dibajak bisa sedikit berkurang.

Untuk menciptakan password super yang mudah diingat, kita bisa memanfaatkan tulisan alay. Misalkan :

T4rser@h!!!, Akusud4hLup@, Lahir090145* dan masih banyak lagi

Tentu saja, password tersebut harus berbeda-beda antar satu akun dengan akun lainnya. Namun, kita tidak mungkin bisa menghapal semua password untuk tiap akun yang kita buat. Cara yang paling gampang adalah memisahkan password utama dengan password lainnya sesuai dengan nama situs dimana kita membuat akun.

Misalkan password utama kita adalah : T4rser@h!!!
Untuk akun Yahoo, bisa menjadi T4rser@h!!!Yahoo
Untuk akun Facebook, bisa menjadi T4rser@h!!!Face

Maka kita tidak perlu menghapal seluruh password, cukup dengan polanya saja. Jadi, meskipun bahasa alay ini menurut sebagian orang bisa jadi menjengkelkan, kita masih bisa memanfaatkannya untuk membuat password yang sulit untuk bisa dipecahkan. 

No comments:

Post a Comment