Thursday, March 29, 2018

Mandiri Inhealth : Cara Mengajukan Klaim Indemnity untuk Kacamata di Surabaya (bagian-1)

Pada postingan kali ini, akan coba dikupas bagaimana cara mengajukan klaim Indemnity untuk Kacamata dengan menggunakan asuransi Mandiri Inhealth di Surabaya. Kebetulan, perusahaan yang penulis tempati memberikan fasilitas jaminan kesehatan berupa asuransi Mandiri Inhealth

Benefit yang bisa diterima dari polis asuransi ini, biasanya tercantum dalam kartu Mandiri Inhealth yang kita punyai. Untuk bisa mengajukan klaim kacamata, pastikan bahwa kartu Mandiri Inhealth yang dipegang memang meng-cover untuk penggantian kacamata.

Mari lihat contoh kartu Mandiri Inhealth Indemnity, seperti dibawah:


Jika diperhatikan dengan seksama, pada kartu Mandiri Inhealth diatas memiliki benefit yang tertulis pada bagian bawah. Berikut penjelasannya yang didapat dari situs ini
  
-IP : In Patient/ RI : Rawat Inap, angka yang menunjukkan dibelakangnya merupakan jumlah biaya kamar yang ditanggung per malam. Misalkan: 950, maka yang ditanggung adalah 950.000 permalam. Harga ini belum termasuk biaya lainnya yang masuk dalam biaya yang ditanggung. Untuk selengkapnya, bisa dicek dalam keterangan polis asuransi atau bertanya pada HRD tempat kita bekerja.
-OP : Out Patient/RJ : Rawat Jalan, angka dibelakangnya menunjukkan biaya maksimum yang di-tanggung per visit
-DT : Dental Care/RG : Rawat Gigi, angka dibelakangnya menunjukkan biaya perawatan gigi yang normalnya pertahun
-MT : Maternity, biaya untuk melahirkan
-GL : General Liability, di poin inilah terletak apakah biaya kacamata ditanggung Mandiri Inhealth atau tidak. 

Untuk mengetahui secara jelas mengenai jenis dan jumlah pembiayaan kesehatan yang ditanggung oleh asuransi Mandiri Inhealth ini, alangkah baiknya terlebih dahulu menanyakan kepada HRD tempat anda bekerja dan hal inilah yang penulis lakukan.

Jika kita tidak bisa mengajukan klaim secara personal karena satu dua hal, HRD bisa membantu kita untuk mengajukan proses klaim tersebut dengan catatan kita sendiri yang harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan menyerahkannya ke HRD perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dahulu dengan HRD pada perusahaan tempat kita bekerja

Pada Mandiri Inhealth penulis, tertulis KM1000 pada bagian GL.Setelah penulis tanyakan pada HRD, artinya asuransi ini meng-cover biaya frame dan lensa kacamata sebesar satu juta dan biaya pemeriksaan ke dokter mata sebesar 375.000.

Setelah mendapatkan informasi dari HRD perusahaan penulis dan memastikan bahwa masa berlaku Mandiri Inhealth belum kedaluarsa, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan agar kacamata yang dibeli bisa di-reimburse.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan, simak lanjutan tulisan ini pada bagian selanjutnya. 

Keep Stay Tuned  

No comments:

Post a Comment