Tuesday, June 4, 2019

Melindungi Harta dan Berinvestasi Valuta Asing - Dollar

Sobat sekalian, kita tidak bisa menghindari sebuah bencana, tetapi setidaknya kita bisa berjaga-jaga, ketika bencana itu datang, kita tidak menderita ataupun kehilangan terlalu dalam. 

Investasi dalam bentuk mata uang asing merupakan salah satu hal yang patut kita pertimbangkan. Mata uang kertas sebagaimana diketahui tidak memiliki harga riil. Ia hanya bisa digunakan ketika sebuah komunitas sepakat untuk menggunakannya secara bersama-sama. Hal ini beda dengan logam mulia, dimana logam mulia memang memiliki nilai intriksiknya sendiri. Tetapi, tidak praktis.

Peredaran berbagai valas di dunia menurut ekonom UI
Sebagaimana masyarakat Indonesia bersepakat untuk menggunakan mata uang rupiah di republik ini. Nilainya tentu saja akan sangat berbeda bahkan berkurang ketika digunakan di luar negeri ketika kita menukarkannya dengan uang yang dipakai warga setempat. Kita tidak akan pernah tahu, ketika suatu saat negara kita mengalami sebuah krisis sehingga nilai tukar rupiah tersebut mengalami tekanan sehingga pada akhirnya menjadi tak bernilai.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan berinvestasi dalam bentuk mata uang asing. Contoh yang strategis adalah dalam mata uang dollar. Hal ini dikarenakan uang dollar banyak disimpan di banyak negara. Jadi, kemanapun kita pergi, uang dollar ini akan tetap bernilai karena banyak negara yang memiliki cadangan dollar. Hal ini tidak lepas juga dari negara Amerika yang merupakan negara super power di dunia sehingga memiliki pengaruh yang sangat besar dalam bidang ekonomi.

Bagaimana cara berinvestasi valuta asing?

Kita bisa saja menukarkan uang yang kita miliki ke dalam bentuk mata uang asing dan kemudian menyimpannya dalam sebuah safe deposit box di salah satu Bank.

Atau, kita bisa menggunakan aplikasi fintech Jenius dimana dalam satu rekening terhubung dengan berbagai macam jenis valuta asing dan kita bisa langsung menukarkannya secara online rupiah yang kita miliki ke dalam bentuk valuta asing. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke dalam aplikasi Jenius dan daftar aktivasi rekening untuk valuta asing dengan meng-klik simbol bendera negara valuta asing yang diinginkan. Ada pilihan dollar US, dollar Singapura dan juga Yen Jepang.

Klik bendera US untuk aktivasi rekening dollar

2. Tukarkan rupiah yang kita miliki sesuai dengan jumlah valas yang diinginkan dan kita sudah memiliki rekening yang terhubung dengan valuta asing. 

Rekening dollar telah selesai dibuat 
Nah, dengan demikian, sewaktu- waktu apabila kita bertransaksi dalam valuta asing tersebut, kita tidak perlu mengalami konversi nilai mata uang yang kadang merugikan kita. Kita bisa menukar uang kita dalam valuta asing secara langsung ketika harganya masih bagus. Hal ini menjadi penting ketika kita memiliki bisnis yang berhubungan dengan negara lain ataupun ketika kita sedang berada di luar negeri. Tentu saja tidak melupakan sebagai salah satu upaya lindung nilai ketika terjadi sesuatu di negeri sendiri.

Banyak sekali bisnis yang ditemui di internet yang menjanjikan penghasilan dalam mata uang dollar. Di kesempatan yang lain, akan dibahas bagaimana cara mendapatkan dollar di internet untuk mengisi kas kita di rekening dollar.

Keep Stay Tuned.

No comments:

Post a Comment